UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GAL’PERIN DI KELAS IV-B SD NEGERI 152979 PANDAN I T.P. 2019/2020

  • Tama Ristauli Hutagalung SD Negeri 152979 Pandan I
Keywords: Hasil Belajar, model Pembelajaran Gal’Perin

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk perbaikan proses belajar mengajar bagi peneliti  dan mengkaji seberapa besar pengaruh model Gal’Perin  untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 7 subtema 2: Indahnya keragaman budaya negeriku  di  Kelas IV-B  SD Negeri 152979  Pandan I  Semester Genap  T.P. 2019/2020.Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dua siklus yang setiap siklusnya  ada empat  kelompok kegiatan yang meliputi kegiatan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Gal’Perin  dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: Nilai rata-rata naik dari 58,46  menjadi 77.50  dengan tingkat ketuntasan belajar 92.31 % .Dengan demikian upaya meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV-B SD Negeri 152979  Pandan I  Semester Genap T.P. 2019/2020  dengan  model Gal’Perin dinyatakan berhasil.

Author Biography

Tama Ristauli Hutagalung, SD Negeri 152979 Pandan I

 

Guru Kelas di SD Negeri 152979 Pandan I, Tapanuli Tengah

Published
2021-06-10
Section
Articles