UPAYA MENINGKATKAN BELAJAR YANG EFEKTIF MELAUI PENERAPAN BLENDED LEARNING SEBAGAI ALTERNATIVE MODEL MERDEKA BELAJAR PADA TEMA CUACA DI KELAS III SDN 200501 PADANGSIDIMPUAN

  • Maslima Harahap SD Negeri 200501 Padangsidimpuan
Keywords: belajar efektif, blended learning, merdeka belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Belajar Yang Efektif Melaui Penerapan  Blended Learning Sebagai Alternative Model Merdeka Belajar Pada Tema Cuaca Kelas III Tahun Pelajaran 2020/2021 Di SDN 200501 Padangsidimpuan. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas III B SD Negeri 200501 Padangsidimpuan yang berjumlah 15 orang. Dalam pengumpulan data , alat yang dipergunakan sebagai adalah observasi dan tes.Setelah siswa diberi tindakan sebanyak satu  kali (dua siklus), kemampuannya menguasai  maupun pemahamannya terhadap materi dengan pendekatan /metode model blended Learning tergolong berkategori  baik dan sangat (terbaik) tercatat lebih dari 75%. siklus kedua dilaksanakan, yang memperoleh skor rerata 80  sebanyak tujuh orang siswa (46.66%). Artinya, kemampuan dalam penguasaan materi tergolong  sangat baik. Sedangkan, siswa yang memperoleh skor rerata 9-8 dan 7 sebayak 15 orang siswa (100%). Artinya, siswa sudah  menguasai materi dengan baik Menunjukkan bahwa penelitian ini sudah berhasil. Hal ini ditandai dengan telah tercapainya indikator keberhasilan penelitian, yakni siswa yang memiliki kemampuan penguasaan materi dan pemahaman sangat baik minimal 75%. Sementara itu, berdasarkan data yang diperoleh ditunjukkan bahwa siswa yang menguasai materi sudah di atas 70% yaitu 90,47%. Dengan demikian, secara otomatis tidak diperlukan siklus berikutnya.

Author Biography

Maslima Harahap, SD Negeri 200501 Padangsidimpuan

Guru Kelas di SD Negeri 200501 Padangsidimpuan

Published
2021-04-27