PENERAPAN BLENDED LEARNING SEBAGAI ALTERNATIVE MODEL MERDEKA BELAJAR DI MASA ADAPTASI KEBIASAAN BARU (NEW NORMAL) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN KELAS V DI SDN 200311 PADANGSIDIMPUAN

  • Nurjannah Dalimunthe SD Negeri 200311 Padangsidimpuan
Keywords: Kualitas Pembelajaran, Tematik, Blended Learning

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran  pada Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan  melalui Penerapan  Blended Learning Sebagai Alternative Model Merdeka Belajar Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal) Kelas V Tahun Pelajaran 2020/2021 Di SDN 200311 Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini berupaya memaparkan Blended Learning. Subjek penelitian dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas V SD Negeri 200311 Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2019/2020 dengan jumlah yang diteliti 18 orang. penempatan ini berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan.  kegiatan belajar-mengajar dengan menerapkan model Blended Learning dalam pembelajaran tematik   menunjukkan adanya peningkatan dan menjadi lebih baik. Guru dapat menerapkan model Blended Learning dengan baik, yaitu membantu siswa menemukan masalah dan idenya sendiri dalam pembelajaran tematik . Hal ini dapat ditunjukkan dengan skor yang diperoleh, yaitu siklus I (4,88%) dan siklus II (15,38%). Selain itu, aktivitas murid kelas V SDN 200311 Padangsidimpuan tahun pembelajaran 2020/2021dalam kegiatan belajar mengajar dengan menerapkan model Blended Learning dalam pembelajaran tematik   juga menunjukkan adanya peningkatan dan menjadi lebih baik. Dlam pembelajaran ini siswa berpartisipasi aktif menemukan masalah dan idenya sendiri serta menggali pengetahuannya sendiri. Hal ini dapat ditunjukkan dengan skor yang diperoleh, yaitu siklus I (5,56%) dan siklus II (10%).

Author Biography

Nurjannah Dalimunthe, SD Negeri 200311 Padangsidimpuan

Guru Kelas di SD Negeri 200311 Padangsidimpuan

Published
2021-04-27