PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS TEMA BERBAGAI PEKERJAAN DI KELAS IV SDN 200211 PADANGSIDIMPUAN

  • Endang Lelasari SD Negeri 200211 Padangsidimpuan
Keywords: Project Based Learning, Hasil Belajar, Berbagai Pekerjaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran  Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Tema Berbagai Pekerjaan Di Kelas IV SDN 200211 Padangsidimpuan. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebagai salah satu dari bentuk penelitian kualitatif yang dilakukan secara kolaborasi antara guru (peneliti) dengan guru kelas yang telah ditunjuk sebagai tim peneliti. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus penelitian dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pembelajaran mendeskripsi secara tertulis ini menggunakan penedekatan kontekstual dengan memanfaatkan media gambar binatang sebagai media pembelajaran. Pengambilan subyek penelitian sebanyak 20 siswa. Pada siklus II terlihat bahwa siswa sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.Siswa sudah berani bertanya dan mengemukakan pendapat di kelas. Selain itu siswa sudah mampu berinteraksi dengan baik di dalam kelas, selain itu siswa juga sudah dapat menyimpulkan pelajaran dengan baik.

Author Biography

Endang Lelasari, SD Negeri 200211 Padangsidimpuan

 Guru Kelas di SD Negeri 200211 Padangsidimpuan

Published
2021-06-20
Section
Articles