PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POINT COUNTER POINT DENGAN PENDEKATAN SCL YANG DILAKSANAKAN SECARA DARING (MASA PANDEMI COVID-19) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMA NEGERI 5 PADANGSIDIMPUAN T.A 2020/2021

  • Erni Hakim Hasibuan Universitas Graha Nusantara
  • Dewi Sartika Universitas Graha Nusantara
Keywords: Model Pembelajaran, Point Counter Point, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan sejauh mana pengaruh Pengaruh Model Pembelajaran Point Counter Point Dengan Pendekatan SCL Yang Dilaksanakan Secara Daring (Masa Pandemi Covid-19) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas XI MIA. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA-1 dan XI MIA.-2  dan seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian berjumlah 66 siswa. Kemudian instrument yang digunakan sebagai alat pengumpulan data adalah dengan menggunakan tes. Setelah data dikumpulkan maka dianalisis dengan analisis deskriptif  yaitu untuk melihat gambaran umum variabel kemampuan berfikir siswa dan yang kedua menggunakan analisis. Analisis inferensial digunakan untuk melihat seberapa besar pengaruh model pembelajaran  Point Counter Point dengan pendekatan SCL terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata untuk kelas eksperimen sebesar 81,51 dan diperoleh nilai rata-rata untuk kelas kontrol sebesar 79,dilihat dari nilai rata-rata tersebut dapat digolongkan pembelajaran menggunakan model Point Counter Point berhasil. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Point Counter Point dengan pendekatan SCL terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIA SMAN 5 Padangsidimpuan.

Author Biographies

Erni Hakim Hasibuan, Universitas Graha Nusantara

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan

Dewi Sartika, Universitas Graha Nusantara

Dosen Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan

Published
2020-12-28