PERBEDAAN HASIL BELAJAR PPKn YANG MENGGUNAKAN REMEDIAL TES DAN REMEDIAL PEMBERIAN TUGAS DI SMP NEGERI 2 BATANG ANGKOLA

  • Farida Irianni Universitas Graha Nusantara
  • Rahma Yanti Siregar Universitas Graha Nusantara
Keywords: Hasil Belajar, Remedial Tes dan Remedial Pemberian Tugas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan remedial tes ulang; Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan remedial pemberian tugas; Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan remedial tes ulang dan remedial pemberian tugas. Populasi dalam penelitian ini adalah  siswa kelas VII sebanyak 5 kelas varalel di SMP Negeri 2 Batang Angkola    Tahun  Pelajaran  2017/2018. Dari setiap kelas diambil sebanyak 5 orang sebagai perwakilan setiap kelas yang dijadikan sebagai sampel. Sampel adalah sebagian populasi yang diambil secara random sampling yaitu penulis menetapkan sampel sebanyak 25 orang saja  atau 10 % dari jumlah populasi. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif  yang menggunakan metode pendekatan study deskriftif dan menggunkaan study kepustakaan serta melaksanakan penelitian secara langsung kelapangan yakni tempat penelitian. Setelah data diperoleh dari lapangan maka data yang bersifat kualitatif seperti hasil wawancara akan diuraikan secara terperinci, sedangkan data yang bersifat kuantitatif diolah kedalam tabel dalam sistem olah tabulasi persentase. Pengujian hipotesis  dilakukan berdasarkan analisa jawaban angket soal nomor 1 s/d 16. Dimana diperoleh bahwa menjawab a = 354 yakni 88,5%; menjawab b = 40 yakni 10 % dan menjawab c = 6 yakni 1,5%. Adapun hipotesis yang diajukan : Hasil  belajar siswa yang menggunakan remedial tugas lebih efektif dibandingkan remedial tes   di SMP  Negeri 2 Batang Angkola  T.P 2017-2018,  dapat diterima.

Author Biographies

Farida Irianni, Universitas Graha Nusantara

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan

Rahma Yanti Siregar, Universitas Graha Nusantara

Dosen Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan

Published
2018-08-07
Section
Articles