PERBEDAAN HASIL BELAJAR PPKn YANG MENGGUNAKAN REMEDIAL TES DAN REMEDIAL PEMBERIAN TUGAS DI SMP NEGERI 2 BATANG ANGKOLA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan remedial tes ulang; Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan remedial pemberian tugas; Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan remedial tes ulang dan remedial pemberian tugas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII sebanyak 5 kelas varalel di SMP Negeri 2 Batang Angkola Tahun Pelajaran 2017/2018. Dari setiap kelas diambil sebanyak 5 orang sebagai perwakilan setiap kelas yang dijadikan sebagai sampel. Sampel adalah sebagian populasi yang diambil secara random sampling yaitu penulis menetapkan sampel sebanyak 25 orang saja atau 10 % dari jumlah populasi. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang menggunakan metode pendekatan study deskriftif dan menggunkaan study kepustakaan serta melaksanakan penelitian secara langsung kelapangan yakni tempat penelitian. Setelah data diperoleh dari lapangan maka data yang bersifat kualitatif seperti hasil wawancara akan diuraikan secara terperinci, sedangkan data yang bersifat kuantitatif diolah kedalam tabel dalam sistem olah tabulasi persentase. Pengujian hipotesis dilakukan berdasarkan analisa jawaban angket soal nomor 1 s/d 16. Dimana diperoleh bahwa menjawab a = 354 yakni 88,5%; menjawab b = 40 yakni 10 % dan menjawab c = 6 yakni 1,5%. Adapun hipotesis yang diajukan : Hasil belajar siswa yang menggunakan remedial tugas lebih efektif dibandingkan remedial tes di SMP Negeri 2 Batang Angkola T.P 2017-2018, dapat diterima.