PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN EKSPOSITORI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn DITINJAU DARI KEMANDIRIAN SISWA DI MTs NEGERI 4 SIABU

  • Zakiah Zakiah Universitas Graha Nusantara
  • Aryani Hasugian Universitas Graha Nusantara
Keywords: Ekspositori, Prestasi Belajar, Kemandirian

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana Pengaruh pembelajaran dengan pendekatan ekspositori terhadap prestasi belajar PKn ditinjau dari kemandrian siswa di MTs Negeri 4 Siabu+. Adapun alat pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan angket. Observasi dilakukan dengan mengadakan pengamatan kepada objek penelitian. Wawancara dilakukan dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan secara lisan kepada responden, penyebaran angket berisikan pertanyaan-pertanyaan mengenai pokok permasalahan responden. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 4 Siabu Tahun Pelajaran 2017-2018, dan waktu penelitian ini kurang lebih ± 3 bulan yaitu dimulai dari Oktober 2017 sampai dengan bulan Desember  2017. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah siswa sebanyak 58 orang, dan untuk mengetahui Koefisien Korelasi digunakan rumus Korelasi Product Moment. Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi antara pengaruh pembelajaran dengan pendekatan ekspositori terhadap prestasi belajar PKn ditinjau dari kemandrian siswa di MTs Negeri 4 Siabu, Berdasarkan perhitungan diperoleh besar rXY = 0.66 selanjutnya data tersebut akan diuji signifikansinya dengan mengkonsultasikan ke dalam daftar nilai kritis Product Moment dengan taraf signifikansi 95%. Namun sebelum itu ditetapkan terlebih dahulu dk dengan menggunakan rumus dk = n-2 = 58 – 2 = 56. Dengan demikian dk sebesar 56 selanjutnya dikonsultasikan ke tabel r pearson diperoleh nilai r-tabel = 0.266. Melalui data tersebut diketahui bahwa ternyata r hitung lebih besar dari  nilai r tabel (0.66 > 0.266), hal ini berarti ada Pengaruh pembelajaran dengan pendekatan ekspositori terhadap prestasi belajar PKn ditinjau dari kemandrian siswa di MTs Negeri 4 Siabu dengan tingkat signifikansi tinggi karena berada pada posisi 0.60  0.80 korelasi tinggi.

Author Biographies

Zakiah Zakiah, Universitas Graha Nusantara

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan

Aryani Hasugian, Universitas Graha Nusantara

Dosen Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan

Published
2018-01-17