IMPLEMENTASI DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM DI KELAS XI IPS-1 SMA NEGERI 3 SIBOLGA TAHUN PELAJARAN 2018-2019

  • Lenni Saragih SMA Negeri 2 Sibolga
Keywords: Discovery Learning, Hasil Belajar, dan Sumber Daya Alam

Abstract

Pembelajaran yang dilakukan di sekolah masih berpusat pada guru. Pemahaman konsep dan aktifitas proses belajar siswa yang masih rendah. Perbaikan pembelajaran penting untuk dilakukan. Untuk itu perlu dilakukan peningkatan aktifitas melalui penerapan model pembelajaran yang mengajak siswa untuk mencari, menemukan dan memahami konsep–konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi discovery learning dalam meningkatkan pemahaman konsep dan aktifitas proses belajar siswa SMA. Berdasarkan tujuan tersebut sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas XI IPS-1 SMA Negeri 3 Sibolga Tahun Pelajaran 2018/2019 sejumlah 36 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan. Instrumen penelitiannya adalah soal test berbentuk uraian dan lembar observasi keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran secara berkelompok. Data pemahaman konsep diperoleh berdasarkan hasil post-test dan data keaktifan dalam mengikuti proses pembelajaran diperoleh melalui lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata pemahaman konsep sebesar 15,28, ketuntasan klasikal meningkat 38,89%, serta sikap siswa dalam pembelajaran menunjukkan peningkatan sebesar 10,94%. Berdasarkan hal di atas dapat disimpulkan bahwa implementasi discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sumber Daya Alam di kelas XI IPS-1 SMA Negeri 3 Sibolga Tahun Pelajaran 2018-2019.

Author Biography

Lenni Saragih, SMA Negeri 2 Sibolga

Guru Geografi di  SMA Negeri 2 Sibolga

Published
2020-08-25
Section
Articles