MENINGKATKAN KETUNTASAN TEKS TRANSAKSIONAL POKOK BAHASAN LES PHRASES IMPERATIVES MELALUI PENDEKATAN OPEN ENDED PADA SISWA KELAS XI IPS-2 SMA NEGERI 2 SIBOLGA TAHUN PELAJARAN 2019-2020

  • Ruth Nauli Simanjuntak SMA Negeri 2 Sibolga
Keywords: Ketuntasan Belajar dan Pendekatan Open Ended

Abstract

Penulis memilih pendekatan Open Ended  untuk meningkatkan ketuntasan belajar melalui peningkatan aktivitas  belajar siswa. Dampak dari aktivitas belajar siswa adalah memberikan rasa senang belajar dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah-masalah pelajaran yang disampaikan oleh guru tentang teks transaksional pokok bahasan Les Phrases Imperatives di kelas XI IPS-2 SMA Negeri 2 Sibolga Tahun Pelajaran 2019-2020. Dalam proses belajar mengajar, guru mempunyai tugas untuk mendorong, membimbing, dan memberikan fasilitas belajar bagi siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Guru mempunyai tanggung jawab untuk melihat segala sesuatu yang terjadi di dalam kelas untuk membantu proses perkembangan siswa. Penyampaian materi pelajaran hanyalah merupakan salah satu dari berbagai kegiatan dalam belajar sebagai suatu proses yang dinamis dalam perkembangan diri siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam empat kelompok kegiatan yang meliputi kegiatan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan prosedur pendekatan open ended dengan baik sehingga hampir semua siswa telah aktif mengikuti proses belajar mengajar dan mampu memahami konsep sertan menyelesaikan masalah matere pelajaran.  Adanya peningkatan aktivtias belajar siswa sebesar 29,80 % dimana siklus I sebesar 54,40% dan siklus II sebesar 84,20%. Peningkatan ketuntasan belajar siswa  mencapai 90,63% yang semula sebesar 53,13% dengan nilai rata-rata 81,88 membuktikan bahwa pendekatan open ended bermanfaat sebagai salah satu pendekatan  pembelajaran di kelas untuk meningkatkan ketuntasan belajar Mata Pelajaran  Bahasa Prancis terutama materi Teks Transaksional pokok bahasan Les Phrases Imperatives di kelas XI IPS-2 SMA Negeri 2 Sibolga Tahun Pelajaran 2019-2020.

Author Biography

Ruth Nauli Simanjuntak, SMA Negeri 2 Sibolga

 Guru Bahasa Prancis SMA Negeri 2 Sibolga

Published
2020-12-21