UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR VOCABULAIRE BAHASA PERANCIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF WORD SQUARE KELAS XII IPS-1 DI SMA NEGERI 2 SIBOLGA TAHUN PELAJARAN 2019-2020

  • Mega Lindaria SMA Negeri 2 Sibolga
Keywords: Word Square, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, dan Vocabulaire

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya aktivitas dan hasil belajar Vocabulaire kelas XII IPS-1 di SMA Negeri 2 Sibolga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar Vocabulaire bahasa Perancis siswa kelas XII IPS-1 di SMA Negeri 2 Sibolga dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Word Square. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Sibolga yang berlokasi di    Jl. Kapten Pattimura Sibolga. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS-1 dengan jumlah 26 siswa dan objek penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Vocabulaire bahasa Perancis siswa melalui model pembelajaran kooperatif Word Square.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi untuk  melihat aktivitas belajar siswa dan tes untuk melihat hasil belajar siswa. Dari hasil analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar Vocabulaire siswa pada siklus 1 yaitu 68,65 sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal siswa masih 57,69%. Data hasil observasi aktivitas siswa dari 8 aspek yang dinilai terhadap 26 orang siswa di dalam kelas terdapat 2 orang (7,69%) dikategorikan sangat baik aktivitasnya, 9 orang (34.62%) dikategorikan baik aktivitasnya, 7 orang (26,92%) dikategorikan cukup aktivitasnya, 5 orang (19,23%) dikategorikan kurang aktivitasnya, dan 3 orang (11,54%) dikategorikan sangat kurang aktivitasnya. Nilai rata-rata secara klasikal sebesar 20,15. Ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa masih dalam kategori cukup. Pada siklus 2 diperoleh rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 82,89. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dan ketuntasan belajar klasikal siswa telah mencapai  100%. Pada siklus II data hasil observasi aktivitas siswa dari 8 aspek yang dinilai terhadap 26 orang siswa dalam kelas, diperoleh 6 orang (23,08%) dikategorikan sangat baik aktivitasnya, 15 orang (57,69) dikategorikan baik aktivitasnya, 5 orang (19,23%) dikategorikan cukup aktivitasnya dan tidak ada lagi siswa yang dikategorikan kurang dan sangat kurang aktivitasnya. Jumlah nilai rata-rata aktivitas belajar siwa sebesar 25,92. hal ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa sudah dalam kategori Baik. Dari perolehan hasil belajar dan lembar observasi, disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Word Square, maka aktivitas dan hasil belajar Vocabulaire siswa kelas XII IPS-1 di SMA Negeri 2 Sibolga dapat meningkat.

Author Biography

Mega Lindaria, SMA Negeri 2 Sibolga

Guru Bahasa Prancis SMA Negeri 2 Sibolga

Published
2019-06-22
Section
Articles