MENINGKATKAN HASIL BELAJAR WARISAN DALAM ISLAM MELALUI MODEL COOPERATIF SCRIPT DI KELAS XII IPS-2 SMA NEGERI 2 SIBOLGA TAHUN PELAJARAN 2018-2019

  • Nuraini Simamora SMA Negeri 2 Sibolga
Keywords: Hasil Belajar dan Model Cooperatif Script

Abstract

Sebagian besar proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti guru menggunakan model konvensional dengan metode ceramah dalam menyampaikan materi pelajaran. Dengan pendekatan ini siswa kurang termotivasi untuk belajar. Penulis memilih Model Cooperatif Script agar pembelajaran menjadi aktif, kreatif dan melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran. Sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat mudah tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji seberapa besar pengaruh Model Cooperatif Script dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi warisan dalam Islam di kelas XII IPS-2 SMA Negeri 2 Sibolga Semester Genap Tahun Pelajaran 2018-2019. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam empat kelompok kegiatan yang meliputi Kegiatan perencanaan tindakan, Pelaksanaan tindakan, Observasi dan Refleksi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperatif Script terjadi adanya peningkatan hasil belajar hingga mencapai nilai rata-rata kelas 79,29 yang semula 58,59. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah 75. Dari hasil isian angket yang diberikan kepada 32 siswa yang masuk pada hari itu menyatakan bahwa proses belajar mengajar menggunakan model Cooperatif Script, 100% responden menyatakan bahwa lebih jelas dan menyenangkan. Kesimpulan penulis bahwa model Cooperatif Script cocok dan bermanfaat sebagai model pembelajaran di kelas untuk meningkatkan hasil belajarĀ  siswa dalam materi warisan dalam Islam.

Author Biography

Nuraini Simamora, SMA Negeri 2 Sibolga

Guru Agama Islam SMA Negeri 2 Sibolga

Published
2019-08-28
Section
Articles