PENGARUH METODE SQ3R MELALUI PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA MATERI HUKUM NEWTON TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA-4 SMA NEGERI 3 SIBOLGA TAHUN PELAJARAN 2019-2020

  • Imilia Dewi SMA Negeri 3 Sibolga
Keywords: Metode SQ3R, Pemahaman Konsep, Fisika, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan penerapan Metode SQ3R Melalui Pemahaman Konsep Fisika Pada Materi Hukum Newton di Kelas X MIA-4 SMA Negeri 3 Sibolga.. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Kelas X MIA-4 SMA Negeri 3 Sibolga. Jumlah keseluruhan sampel adalah 35 siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa tes sebanyak 5 soal. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar pada tahap sebelum dilaksanakan metode pembelajaran SQ3R diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 56,71 dengan ketuntasan belajar 30%. Terdapat sekitar 27 orang siswa belum tuntas dalam memahami konsep fisika. Sedangkan setelah dilakukan tindakan, hasil tes pemahaman konsep fisika menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas yang dicapai sebesar 67,29 dengan ketuntasan belajar 68%. Siswa yang telah tuntas dalam memahami konsep fisika berdasarkan tes hasil belajar yaitu sebanyak 21 orang atau 60%. Kenaikan nilai rata-rata siswa dalam memahami konsep fisika yaitu sebesar 5,29%. Proses pembelajaran pada siklus II mencakup materi sub pokok bahasan Menganalisis gerak lurus berubah beraturan menggunakan hukum Newton. Hasil belajar pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 78,57. Dengan persentase ketuntasan 88,57%. Dari segi nilai hasil belajar mengalami peningkatan. Namun masih ada yang belum lulus yaitu sebanyak 4 orang siswa atau 11,47%. Penerapan metode SQ3R dapat meningkatkan keaktifan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Pada siklus I diperoleh ketuntasan keaktifan belajar aktivitas fisik sebesar 70%, aktivitas mental 56% dan aktivitas emosional sebesar 60%. Sedangkan pada siklus II ketuntasan keaktifan belajar aktivitas fisik meningkat menjadi 88%, aktivitas mental 80% dan aktivitas emosional sebesar 86%.

Author Biography

Imilia Dewi, SMA Negeri 3 Sibolga

Guru Fisika SMA Negeri 3 Sibolga

Published
2019-12-23