PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPA-2 PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SMA NEGERI 3 SIBOLGA TAHUN AJARAN 2017/2018

  • Robin Silalahi SMA Negeri 3 Sibolga
Keywords: Pendekatan Open-Ended.

Abstract

Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) merupakan salah satu materi matematika yang harus dikuasai dengan baik oleh siswa SMA/MA/SMK. Namun kenyataannya, siswa masih kurang menguasai materi ini karena kesulitan memahami konsepnya. Kesulitan ini dipengaruhi oleh faktor seperti kurangnya pemahaman dan penguasaan siswa mengenai konsep dasar dalam menyelesaikan masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV), dan lemahnya penguasaan siswa mengenai penyelesaian soal aplikasi SPLDV dalam kehidupan sehari-hari. Mengatasi masalah tersebut, peneliti menerapkan pendekatan open-ended sebagai alternatif penyelesaian dengan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi SPLDV. Subjek penelitian terdiri dari 36 siswa kelas X.IPA.2 SMA Negeri 3 Sibolga yang terlaksana sebanyak tiga siklus. Sebelum dilaksanakan siklus I, siswa diberi pre-test/Penjajagan awal (formatif) dengan rata-rata nilai 59,88 dan setelah dilaksanakannya seluruh siklus, siswa diberi post-test. Pada siklus I, nilai rata-rata 61,03, pada siklus II nilai rata-rata 67,95 dan ketuntasan pada siklus III rata-rata 75,08. Ketuntasan pada siklus terkahir, telah  memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM ≥ 75) dengan persentase klasikal sebesar 92,31%. Ketuntasan tersebut didukung oleh data aktivitas siswa dan aktivitas guru selama pembelajaran, Aktivitas siswa meningkat di setiap siklus dengan terpenuhinya waktu ideal oleh kategori aktivitas siswa. Berdasarkan hal tersebut, penerapan pendekatan open-ended dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel(SPLDV), dengan ketuntasan hasil belajar siswa memenuhi secara individual (≥ 75) dan klasikal mencapai 92,31%.

Author Biography

Robin Silalahi, SMA Negeri 3 Sibolga

Guru Matematika di SMA Negeri 3 Sibolga

Published
2020-01-06