UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS POKOK BAHASAN FLUIDA STATIS PADA SISWA KELAS XI MIA-3 SMA NEGERI 3 SIBOLGA TAHUN PELAJARAN 2019-2020

  • Tetti Hasibuan SMA Negeri 3 Sibolga
Keywords: Fisika, Hasil Belajar, Pendekatan Konstruktivis

Abstract

Pembelajaran fisika dengan penerapan pendekatan konstruktivis, menuntut guru mampu menciptakan suasana pembelajaran yang membuat siswa antusias terhadap persoalan yang akan dipecahkan, sehingga mereka mau mencoba mencari pemecahan masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Fisika dengan penerapan pendekatan konstruktivis sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas kelas XI MIA-3 SMA Negeri 3 Sibolga; dan (2) Bagaimana hasil belajar Fisika kelas kelas XI MIA-3 SMA Negeri 3 Sibolga dengan penerapan pendekatan konstruktivis. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 Siklus. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan model penelitian model spiral sebagaimana dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart yang mempunyai empat komponen utama yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh menggunakan lembar observasi kreativitas siswa, wawancara dengan guru mata pelajaran fisika, dokumentasi dan dengan tes hasil belajar. Pengolahan data merupakan kegiatan menghitung maupun menganalisis data penelitian yang bersifat kuantitatif seperti menghitung skor rerata (mean), skor tengah (median), skor terbanyak (modus), skor simpangan baku (standar deviasi), skor minimum, skor maksimum dan jumlah skor. Setelah itu berbagai data dituliskan dalam bentuk distribusi frekuensi berupa tabel dan grafik hasil pengolahan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di kelas XI MIA-3 SMA Negeri 3 Sibolga dengan menggunakan pendekatan konstruktivis menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di kelas XI MIA-3 SMA Negeri 3 Sibolga dengan menggunakan pendekatan konstruktivis menunjukkan peningkatan yang signifikan. Di mana pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa baru 64,85, sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi dengan nilai rata-rata siswa 78,48. Peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan konstruktivisme berdasarkan rata-rata nilai yang diperoleh dari pra siklus, siklus I ke siklus dan siklus II adalah sebesar 13,085%.

Author Biography

Tetti Hasibuan, SMA Negeri 3 Sibolga

 Guru Fisika di SMA Negeri 3 Sibolga

Published
2019-12-02