PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS XII MIA-3 SMA NEGERI 3 SIBOLGA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2019-2020

  • Magdalena Siagian Siagian SMA Negeri 3 Sibolga
Keywords: model pembelajaran, problem solving, pendidikan kewarganegaraan

Abstract

Belajar merupakan proses perubahan tingkah laku bersifat permanen, tahan lama dan menetap, tidak berlangsung sesaat saja terjadi akibat proses interaksi dengan lingkungan. Guna menunjang tercapainya tujuan mata pelajaran PKn, salah satu kemampuan dan keterampilan yang harus dikuasai guru adalah bagaimana merancang dan melaksanakan suatu model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan atau kompetensi yang ingin dicapai. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa kelas XII MIA-3 SMA Negeri 3 Sibolga Pendidikan Kewarganegaraan sebelum diterapkan model pembelajaran problem solving; dan (2) hasil belajar siswa kelas XII MIA-3 SMA Negeri 3 Sibolga Pendidikan Kewarganegaraan setelah diterapkan model pembelajaran problem solving; (3) peningkatan hasil belajar hasil belajar siswa kelas XII MIA-3 SMA Negeri 3 Sibolga Pendidikan Kewarganegaraan melalui penerapan model pembelajaran problem solving. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), yaitu tindakan tertentu agar dapat memperbaiki atau meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara profesional. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Setelah pemberian tindakan pengajaran dengan menerapkan model pembelajaran problem solving diperoleh dari 36 siswa yang berhasil atau hasil belajarnya tuntas adalah sebanyak 17 siswa (47,22%) dan sebanyak 19 siswa atau 52,78% masih belum mencapai nilai ketuntasan minimum. Dengan menerapkan model pembelajaran problem solving diperoleh dari 36 siswa yang berhasil atau hasil belajarnya tuntas adalah sebanyak 33 siswa (91,67%) dan sebanyak 3 siswa atau 8,33% dan pada tahap ini mencapai nilai ketuntasan minimum. Kenaikan rata-rata nilai hasil belajar dari siklus I ke Siklus II diperoleh sebesar 11,94% . Jumlah siswa yang telah tuntas meningkat yaitu sebesar 94,12%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar PK pada siswa kelas XII MIA-3 SMA Negeri 3 Sibolga  tahun pelajaran 2019-2020.

Author Biography

Magdalena Siagian Siagian, SMA Negeri 3 Sibolga

Guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 3 Sibolga

Published
2020-03-23