PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS CERPEN REMAJA MELALUI PEMBELAJARAN METODE IMAGE STREAMING KELAS X IIS-3 SMA NEGERI 3 SIBOLGA TAHUN PELAJARAN 2019-2020
Abstract
Menulis adalah salah satu aspek keterampilan berbahasa yang berpengaruh pada aspek keterampilan berbahasa yang lain seperti berbicara, menyimak, serta membaca. Keterampilan menulis tidak bisa tercipta begitu saja tanpa melalui proses, keterampilan itu tumbuh dan berkembang akibat adanya proses yang berulang. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui kemampuan siswa kelas X IIS-3 menulis cerpen sebelum diajarkan menggunakan metode Image Streaming di SMA Negeri 3 Sibolga, untuk mengetahui kemampuan siswa menulis cerpen sesudah diajarkan menggunakan metode Image Streaming kelas X IIS-3 di SMA Negeri 3 Sibolga, serta untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan siswa kelas X IIS-3 menulis cerpen sesudah diajarkan menggunakan metode Image Streaming di SMA Negeri 3 Sibolga. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 Siklus. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan model penelitian model spiral sebagaimana dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart yang mempunyai empat komponen utama yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Sebelum pembelajaran dilakukan kemampuan siswa dalam menulis cerpen tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata keseluruhan siswa sebesar 63,27. Setelah dilakukan pembelajaran pada siklus I dengan menggunakan metode image streaming dengan memakai alur penelitian tindakan kelas (PTK), terbukti hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 67,69. Kemudian dilaksanakan pembelajaran pada siklus II dengan rata-rata 82,77. Peningkatan hasil belajar siswa setelah diberikan perbaikan pembelajaran sebanyak dua kali (2 siklus) secara total adalah 18,13. Peningkatan hasil Belajar dari pra siklus ke siklus I adalah sebesar 6,53% dan dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 26,78%.