PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS CERPEN REMAJA MELALUI PEMBELAJARAN METODE IMAGE STREAMING KELAS X IIS-3 SMA NEGERI 3 SIBOLGA TAHUN PELAJARAN 2019-2020

  • Sabar Lumbantobing SMA Negeri 3 Sibolga
Keywords: Kemampuan Siswa, Menulis Cerpen, Pembelajaran Metode Image Streaming

Abstract

Menulis adalah salah satu aspek keterampilan berbahasa yang berpengaruh pada aspek keterampilan berbahasa yang lain seperti berbicara, menyimak, serta membaca. Keterampilan menulis tidak bisa tercipta begitu saja tanpa melalui proses, keterampilan itu tumbuh dan berkembang  akibat adanya proses  yang berulang. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui kemampuan siswa kelas X IIS-3 menulis cerpen sebelum diajarkan menggunakan metode Image Streaming di SMA Negeri 3 Sibolga, untuk mengetahui kemampuan siswa menulis cerpen sesudah diajarkan menggunakan metode Image Streaming kelas X IIS-3  di SMA Negeri 3 Sibolga, serta untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan siswa kelas X IIS-3 menulis cerpen sesudah diajarkan menggunakan metode Image Streaming di SMA Negeri 3 Sibolga. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 Siklus. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan model penelitian model spiral sebagaimana dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart yang mempunyai empat komponen utama yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Sebelum pembelajaran dilakukan kemampuan siswa dalam menulis cerpen  tergolong rendah. Hal ini dapat  dilihat dari rata-rata  keseluruhan siswa sebesar  63,27. Setelah dilakukan pembelajaran pada siklus I dengan menggunakan  metode image streaming  dengan memakai alur penelitian tindakan kelas  (PTK), terbukti  hasil belajar siswa meningkat  dengan rata-rata  67,69. Kemudian dilaksanakan pembelajaran pada siklus II dengan rata-rata  82,77. Peningkatan hasil belajar  siswa setelah diberikan perbaikan pembelajaran  sebanyak dua kali (2 siklus) secara  total adalah 18,13. Peningkatan hasil Belajar dari pra siklus ke siklus I adalah sebesar 6,53% dan dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 26,78%.

Author Biography

Sabar Lumbantobing, SMA Negeri 3 Sibolga

Guru SMA Negeri 3 Sibolga

Published
2020-04-20