PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE JIGSAW DENGAN MEMANFAATKAN KARTU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA ENERGI DAN PERUBAHANNYA PADA SISWA KELAS III SDN 200115 PADANGSIDIMPUAN

  • ILMAWATI LUBIS SDN 200115 Padangsidimpuan
Keywords: Kooperatif, Jigsaw, Kartu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Pembelajaran  Kooperatif  Type  Jigsaw Dengan Memanfaatkan Kartu dapat meningkatkan hasil belajar  siswa Tema Energi dan Perubahannya di kelas III SDN 200115  Padangsidimpuan.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 200115  Padangsidimpuan tahun pelajaran 2019-2020 yang berjumlah 42 orang siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan Pembelajaran  Kooperatif  Type  Jigsaw Dengan Memanfaatkan Kartu terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat mulai dari nilai Tes Awal, Tes Hasil Belajar Siklus I, dan Tes Hasil Belajar Siklus II.

Author Biography

ILMAWATI LUBIS, SDN 200115 Padangsidimpuan

Guru Kelas di SDN 200115 Padangsidimpuan

Published
2020-07-21
Section
Articles