PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE JIGSAW DENGAN MEMANFAATKAN KARTU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA ENERGI DAN PERUBAHANNYA PADA SISWA KELAS III SDN 200115 PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Pembelajaran Kooperatif Type Jigsaw Dengan Memanfaatkan Kartu dapat meningkatkan hasil belajar siswa Tema Energi dan Perubahannya di kelas III SDN 200115 Padangsidimpuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 200115 Padangsidimpuan tahun pelajaran 2019-2020 yang berjumlah 42 orang siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan Pembelajaran Kooperatif Type Jigsaw Dengan Memanfaatkan Kartu terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat mulai dari nilai Tes Awal, Tes Hasil Belajar Siklus I, dan Tes Hasil Belajar Siklus II.