UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 200119 PADANGSIDIMPUAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA TEMA INDAHNYA NEGERIKU
Abstract
Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melaui Model Kooperatif Tipe STAD Kelas IV A SD Negeri 200119 Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2019/2020. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 200119 Padangsidimpuan yang berjumlah 16 orang. Dalam pengumpulan data, metode yang dipergunakan sebagai metode pokok adalah observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik menggunakan model pembelajaran lainnya. Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran terus mengalami peningkatan, aktivitas siswa selama pembelajaran juga terus mengalami peningkatan pada setiap pembelajarannya, dan perubahan sikap serta tanggapan siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe STAD baik, Sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih efektif daripada model pembelajaran lainnya dalam pembelajaran Tematik Tema Indahnya Negeriku kelas IV semester II SD Negeri 200119 Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2019/2020.