UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIMPUNAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DI KELAS VII-2 SMP NEGERI 5 SIPIROK TAHUN AJARAN 2019-2020

  • Nurdalilah Nurdalilah Universitas Graha Nusantara
  • Eka Surya Rindani Universitas Graha Nusantara
Keywords: hasil belajar matematika, model pembelajaran Reciprocal Teaching

Abstract

Masalah dalam  penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan di kelas VII-2, untuk mengatasi masalah tersebut pada penelitian ini diterapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), Perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Aktivitas Siswa (LAS), instrumen tes, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran. Adapun tes yang digunakan adalah tes essay yang sudah divalidkan melalui perhitungan validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda tes. Semua reliabel dengan koefisien reliabilitas tes siklus I sebesar 0,831 dan tes siklus II sebesar 0,786 dengan tingkat reliabilitas tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan kategori minimal “cukup” sebesar 73,08% dan siklus II diperoleh sebesar 84, 62%. Terjadi peningkatan siklus I ke siklus II sebesar 11,54%. Dengan indikator pencapaian telah tercapai ≥ 80%. Kemudian untuk hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh kadar aktivitas siswa sebesar 71,05% “cukup” pada siklus II 80,69% “baik”. Peningkatan yang terjadi dari siklus I ke siklus II sebesar 9,64% indikator pencapain telah tercapai ≥ 80%. Sedangkan hasil observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran pada siklus I dan siklus II diperoleh dengan kategori “baik”. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh telah terpenuhi yaitu ≥ 80%. 2) Aktivitas siswa dapat meningkat dengan penggunaan model pembelajaran Reciprocal Teaching hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh telah terpenuhi yaitu ≥ 80%. 3) Kemampuan guru mengelola pembelajaran juga meningkat hal ini didukung dengan kategori yang didapat pada siklus II yaitu pada kategori “Baik”.

Author Biography

Nurdalilah Nurdalilah, Universitas Graha Nusantara

Pendidikan Matematika, Universitas Graha Nusantara

Published
2020-12-01