IMPROVING THE STUDENTS’ MASTERY IN SIMPLE PAST TENSE THROUGH PEER-EDITING TECHNIQUE

  • ERNI RAWATI SIBUEA Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan penguasaan materi Simple Past Tense siswa setelah mereka diajarkan menggunakan teknik peer-editing. Penulis memilih 76 siswa sebagai sampel penelitian ini. Penulis menggunakan random sampling. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan penulis menggunakan studi pustaka dan penelitian lapangan. Penelitian pustaka dilakukan berdasarkan kebutuhan buku sebagai sumber teori dan informasi, sedangkan penelitian lapangan dilakukan berdasarkan kebutuhan data di lapangan, dalam hal ini SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Dan sebagai instrumen pengumpulan data penulis menggunakan tes tertulis. Berdasarkan hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan tahun ajaran 2019 - 2020 menunjukkan peningkatan yang sangat baik yaitu rata-rata nilai siswa pada pre test 61,25 sedangkan dari post test 1 adalah 73,29. dan dari post test 2 adalah 80,79. Selain itu, persentase nilai siswa pada pretest adalah 18,33%, dari post test 1 adalah 56,58% dan 82,89% dari post test siswa yang lulus KKM. Selanjutnya hasil peningkatan nilai siswa dari pretest ke posttest 1 adalah 19,66%, dan dari pretest ke posttest 2 adalah 31,90%. Sehingga tercapailah kriteria keberhasilan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada penguasaan materi Simple Past Tense setelah mereka diajarkan dengan menggunakan teknik peer-editing kepada siswa. Sehingga dapat dinyatakan bahwa hipotesis yang dirumuskan diterima.

Author Biography

ERNI RAWATI SIBUEA, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Dosen Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Published
2020-10-21