ANALISIS KESALAHAN GRAMMAR YANG DIBUAT OLEH MAHASISWA DALAM PENULISAN ESSAY PADA MATA KULIAH COMPOSITION

  • ERNI RAWATI SIBUEA Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: grammar, essay, komposisi

Abstract

Grammar  atau tata bahasa Inggris lebih rumit dari tata bahasa Indonesia. Banyak mahasiswa yang melakukan kesalahan dalam penggunaan grammar dalam pembelajaran mereka terutama dalam menulis. Namun, terkadang dosen atau guru tidak begitu focus dalam memperbaiki kesalahan mahasiswa tersebut. Kemudian siswa melakukan kesalahan berulang kali karena tidak ada koreksi dan itulah yang kita sebut dengan kesalahan. Kesalahan dalam pembelajaran bahasa itu wajar. Oleh karena itu, sering ditemukan banyak mahasiswa yang memiliki kemampuan menulis bahasa Inggris yang baik, sedang, dan banyak juga yang memiliki kemampuan menulis bahasa Inggris yang rendah. Setelah penulis melakukan penelitian di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpaun penulis mendapatkan hasil dari kesalahan-kesalahan Grammar yang dibuat oleh para mahasiswa dalam menulis essay pada mata kuliah composition. Kesalahan dengan tingkat tertinggi adalah pada penggunaan Tenses yaitu sekitar 75 %, yang kedua adalah penggunaan Spelling and Punctuation yaitu 50%, yang ketiga adalah Sentence Pattern yaitu 45%, seterusnya adalah penggunaan preposition yaitu 35% dan yang terakhir yaitu penggunaan pronoun sekitar 30%.

Author Biography

ERNI RAWATI SIBUEA, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Dosen Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Published
2020-05-21
Section
Articles