UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA BANGGA SEBAGAI BANGSA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DI KELAS V SD NEGERI 200307 PADANGSIDIMPUAN

  • Damsina Sari Harahap SD Negeri 200307 Padangsidimpuan
Keywords: Hasil Belajar, Metode Diskusi

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah upaya peningkatan hasil belajar siswa pada tema bangga sebagai bangsa indonesia dengan menggunakan metode diskusi. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua  siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah  siswa kelas V SD Negeri 200307 Padangsidimpuan  yang berjumlah 29 orang. Dalam pengumpulan data , metode yang dipergunakan sebagai metode pokok adalah observasi dan tes. Setelah siklus I ini, guru memberikan post test diperoleh 29 jumlah siswa bahwa 12 orang siswa (41,38%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 17 orag siswa (58,62%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar yang diharapkan dengan nilai rata-rata kelas 66,20. Pada Siklus II diperoleh dari 29 jumlah siswa terdapat 24 orang siswa (82,76%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 5 orang siswa (17,24%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar dan nilai rata-rata kelas 82,76.

Author Biography

Damsina Sari Harahap, SD Negeri 200307 Padangsidimpuan

Guru SD Negeri 200307 Padangsidimpuan

Published
2020-07-21
Section
Articles