UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI POKOK PERJUANGAN PARA TOKOH SAAT DIJAJAH BELANDA DAN JEPANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE KERJA KELOMPOK SISWA KELAS IV

  • SITI MARYAM PANE Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: upaya, hasil belajar, tokoh

Abstract

Kegiatan pembelajaran pada lembaga pendidikan formal merupakan kegiatan yang paling pokok dalam keseluruhan proses pendidikan dan tidak terlepas dari peran guru sebagai tenaga pengajar. Sehingga dalam lembaga pendidikan formal kegiatan belajar mengajar saling terkait untuk mencapai tujuan pendidikan. Tergantung bagaimana proses belajar yang dialami oleh siswa dimana guru sebagai peran utama. Adapun tujuan penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah sebagai berikut Untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV pada pokok bahasan perjuangan para tokoh saat dijajah Belanda dan Jepang. Untuk meningkatkan aktifitas siswa dengan menggunakan metode kerja kelompok. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan menggunakan media gambar \dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada pokok bahasan Perjuanagan Para Tokoh Saat Dijajah Belanda dan Jepang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Menggunakan media gambar pada proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pokok bahasan Perjuangan Para Tokoh Saat Dijajah Belanda dan Jepang dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar.

Author Biography

SITI MARYAM PANE, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Dosen Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Published
2018-05-17
Section
Articles