IMPROVING THE STUDENTS’ LISTENING SKILLS OF THE NINETH GRADE OF MTS SWASTA SEI BEROMBANG THROUGH SCAFFOLDING PRINCIPLES

  • Elysa Rohayani Hsb Universitas Labuhanbatu
Keywords: Mendengarkan, keterampilan, kemampuan, perancah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa kelas 9 di MTs Swasta Sei Berombang pada tahun akademik 2018/2019 dan menggunakan beberapa prinsip perancah. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX Abu Bakar. Data yang dikumpulkan bersifat kualitatif dan kuantitatif sebagai data pendukung. Langkah-langkah penelitian terdiri dari pengintaian, perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Beberapa prinsip scaffolding diimplementasikan dalam penelitian ini. Prinsip-prinsip tersebut adalah memberikan penjelasan, mengundang partisipasi siswa, memberikan verifikasi dan klarifikasi pemahaman siswa, memodelkan perilaku yang diinginkan, dan mengundang siswa untuk memberikan kontribusi petunjuk. Data dalam bentuk catatan lapangan, transkrip wawancara, foto dan skor tes mendengarkan. Data catatan lapangan dan transkrip wawancara dianalisis secara kualitatif, sedangkan tes dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan prinsip perancah secara bertahap dapat meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa. Berdasarkan hasil post test siswa, secara kuantitatif, skor menunjukkan bahwa ada peningkatan pada keterampilan mendengarkan siswa. Penerapan prinsip-prinsip perancah dapat membantu dan mendukung siswa dalam proses pembelajaran.

Author Biography

Elysa Rohayani Hsb, Universitas Labuhanbatu

Dosen Bahasa Inggris Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, ULB 

Published
2019-08-21
Section
Articles