MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR TEMATIK DENGAN MENERAPKAN METODE PEMBERIAN BALIKAN PADA SISWA KELAS VI SDN 200501 PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar tematik dengan menerapkan metode pemberian balikan pada siswa kelas VI. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa Kelas VI SD Negeri 200501 Padangsidimpuan yang berjumlah 30 orang. Dalam pengumpulan data , metode yang dipergunakan sebagai metode pokok adalah observasi dan tes. Pembelajaran dengan metode pemberian balikan memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (60, siklus II (80%), siklus III (90%). Penerapan pembelajaran dengan metode pemberian balikan mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat pembelajaran dengan metode pemberian balikan sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.