A RESEARCH ON THE STUDENTS’ SKILLS IN TRANSLATING THE DISCOURSE TO THE ELEVENTH GRADE STUDENTS OF SMA NEGERI 6 PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu tentang seberapa jauh kemampuan siswa dalam menerjemahkan wacana untuk siswa kelas XI SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. Dalam penelitian ini penulis menerapkan cluster random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 73 siswa. Dan sebagai instrumen untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan tes tertulis. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan, penulis menerapkan penelitian pustaka dan lapangan. Penelitian pustaka diterapkan berdasarkan kebutuhan buku-buku sebagai sumber teori dan informasi, dan penelitian lapangan yang diterapkan berdasarkan kebutuhan data dari lapangan, dalam hal ini dari SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. Setelah mendapatkan data yang dibutuhkan, langkah selanjutnya yang dilakukan oleh penulis adalah menganalisa dengan menggunakan analisis statistik. Setelah menganalisis data, telah didapat bahwa nilai MX adalah 79,9. Di mana nilai ini dikategorikan ke dalam kategori mampu. Ini berarti bahwa kemampuan siswa dalam menerjemahkan wacana untuk siswa kelas XI SMA Negeri 6 Padangsidimpuan dapat dikategorikan ke dalam kategori mampu. Persentase keterampilan siswa dalam menerjemahkan wacana untuk siswa kelas XI SMA Negeri 6 Padangsidimpuan yang telah berhasil dalam mencapai tujuan pengajaran atau Kriteria Kelengkapan Minimal (KKM) adalah 94,5%. Dan hipotesis penelitian ini diterima.