PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS X SMAN 4 PADANGSIDIMPUAN PADA MATERI DIMENSI TIGA

  • ERWINA AZIZAH HASIBUAN Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: Model Problem Based Instruction, Pemahaman Konsep Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction. Dari hasil penelitian diperoleh peningkatan hasil belajar siswa sebesar 20% dari 76,92% di siklus I menjadi 96,15% di siklus II, peningkatan pemahaman konsep sebesar 38% dari 61,54% di siklus I menjadi 100% di siklus II , peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 1,66 dari 1,9 (cukup) di siklus I menjadi 3,56 (baik) di siklus II dan peningkatan kemampuan guru menerapkan model Problem Based Instructioan sebesar 1,31 dari 1,95 (cukup) di siklus I menjadi 3,26 (baik) di siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Instruction dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi dimensi tiga di kelas X SMA Negeri 4 Padangsidimpuan.

Published
2019-11-05