THE INFLUENCE OF THE MATCHING GAME TECHNIQUE TO THE STUDENTS’ MASTERY IN QUESTION TAG TO THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMP NEGERI 3 PADANGSIDIMPUAN

  • Tinur Rahmawati Harahap Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: matching game, question tag

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang seberapa jauh pengaruh metode matching game terhadap penguasaan siswa dalam question tag di kelas VIII SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Dan dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 63 siswa, dimana mereka dipilih secara acak.  Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan, penulis menerapkan penelitian pustaka dan penelitian lapangan. Penelitian perpustakaan diterapkan berdasarkan kebutuhan buku-buku sebagai sumber teori dan informasi, dan penelitian lapangan diterapkan berdasarkan kebutuhan data dari lapangan, dalam hal ini dari SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Dan sebagai instrumen untuk mengumpulkan data penulis menggunakan kuesioner dan tes tertulis. Setelah mendapatkan data, langkah selanjutnya yang dilakukan oleh penulis adalah menganalisa dengan menggunakan analisis statistik. Formulasi statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah perumusan Korelasi Pearson Product Moment (rxy). Setelah menganalisis data, diketahui bahwa nilai rXY adalah 0,76. Dengan menghubungkan nilai ini ke dalam tabel penafsiran yang diberikan sebelumnya, diketahui bahwa nilai korelasinya dapat dikategorikan ke dalam korelasi yang tinggi. Ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode matching game terhadap penguasaan siswa dalam question tag siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padangsidimpuan, dan hipotesis penelitian ini diterima.

Author Biography

Tinur Rahmawati Harahap, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Dosen Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2019-09-22