THE EFFECT OF THE APPLICATION OF STAD METHOD AND THE STUDENTS SKILLS IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT TO THE EIGHTH GRADE OF SMP NEGERI 3 PADANGSIDIMPUAN IN 2015- 2016 ACADEMIC YEAR

  • AMY LILIANA ARITONANG Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: metode STAD, kemampan menulis, teks deskripsi

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dalam pengaplikasian metode STAD terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas delapan SMP Negeri 3 Padangsidimpuan atau tidak. Jumlah populasi penelitian ini adalah 190 siswa dan jumlah sampelnya adalah 34 siswa. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dan sebagai alat pengumpul data, penulis menggunakan kuesioner dan tes. Setelah mengumpulkan data yang dibutuhkan penulis menganalisanya dengan analisa statistik. Rumus yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pearson’s Product Moment Correlation (rXY). Hasil dari deskripsi data menunjukan bahwa nilai rata-rata siswa kelas delapan dengan menggunakan metode STAD adalah 78.23. Nilai ini diategorikan baik dan nilai rata-rata siswa kelas delapan dalam menulis teks deskripsi adalah 63.82. Niai ini dikategorikan cukup. Berdasarkan analisa data menggunakan rumus korelasi, nilai r0 = 0.468.  Jika dihubungkan dengan nilai  rtable = 0.339,  dapat disimpulkan bahwa nilai dari ttest lebih besar dari nilai  ttable (0.468 > 0.339). Artinya ada pengaruh yang signifikan dalam pengaplikasian metode STAD terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas delapan SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Dan hipotesis diterima.

Author Biography

AMY LILIANA ARITONANG, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Mahasiswa Prodi Pendidkan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Published
2016-04-01