THE USE OF “WRITING IN THE HERE AND NOW” STRATEGY IN IMPROVING STUDENTS’ WRITING SKILLS TO THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMK S KAMPUS PADANGSIDIMPUAN IN 2015 - 2016 ACADEMIC YEAR
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang seberapa jauh situasi belajar mengajar ketika penggunaan strategi “menulis disini dan sekarang” (menulis pengalaman secara langsung) untuk siswa kelas X SMK S Kampus Pangsidimpuan pada 2015-2016 tahun akademik. Penulis mengambil 85 siswa sebagai sampel penelitian ini. Untuk mendapatkan data yang diperlukan, penulis menggunakan perpustakaan dan penelitian lapangan. Penelitian perpustakaan digunakan berdasarkan kebutuhan buku-buku sebagai sumber teori dan informasi, dan penelitian lapangan digunakan berdasarkan kebutuhan data dari lapangan, dalam hal ini dari SMK S Kampus Padangsidimpuan. Dan sebagai alat untuk mengumpulkan data penulis menggunakan kuesioner dan tes. Setelah mendapatkan data, langkah selanjutnya yang dilakukan oleh penulis adalah mengidentifikasi peningkatan skor pada keterampilan menulis siswa dari pra-test ke skor post-test pada siklus 1 dan siklus 2. Setelah menganalisis data, telah diperoleh bahwa hasil pra-test menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa dalah 62,62 dan nilai rata-rata siswa dalam post-test pada siklus 2 adalah 78.82. Itu berarti bahwa penggunaan menulis dalam strategi disini dan sekarang (pengalaman secara langsung) adalah baik untuk diterapkan dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa terhadap siswa kelas X SMK S Kampus Padangsidimpuan. Dan hipotesis penelitian ini diterima.