IMPROVING THE STUDENTS’ MASTERY IN SIMPLE PAST TENSE THROUGH PEER-EDITING TECHNIQUE

  • Yuli Winda Sari Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: Simple Past Tense, teknik peer-editing

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan penguasaan siswa dalam Simple Past Tense setelah mereka diajar dengan menggunakan teknik peer-editing. Penulis telah memilih 76 siswa sebagai sampel penelitian ini. Penulis menggunakan random sampling. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan, penulis menerapkan studi pustaka dan lapangan. Penelitian kepustakaan diterapkan berdasarkan kebutuhan buku sebagai sumber teori dan informasi, dan penelitian lapangan diterapkan berdasarkan kebutuhan data dari lapangan, dalam hal ini dari SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Dan sebagai instrumen untuk mengumpulkan data penulis menggunakan tes tertulis. Menurut hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas pada siswa kelas delapan SMP Negeri 3 Padangsidimpuan tahun akademik 2017 - 2018, menunjukkan peningkatan besar bahwa nilai rata-rata siswa dalam pre test adalah 61,25, sedangkan dari post test 1 adalah 73,29 dan dari post test 2 adalah 80,79. Selain itu, persentase skor siswa dalam pretest adalah 18,33%, dari post test 1 adalah 56,58% dan 82,89% dari post test siswa yang lulus KKM. Selanjutnya, hasil peningkatan skor siswa dari pretest ke posttest 1 adalah 19,66%, dan dari pretest ke posttest 2 adalah 31,90%. Sehingga mencapai kriteria keberhasilan. Dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dari penguasaan siswa dalam Simple Past Tense setelah mereka diajarkan dengan menggunakan teknik peer-editing di kelas delapan SMP Negeri 3 Padangsidimpuan pada tahun akademik 2017 - 2018. Sehingga, dapat dinyatakan bahwa hipotesis yang dirumuskan diterima.


Author Biography

Yuli Winda Sari, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Published
2019-04-01