APPLYING STORY PYRAMID STRATEGY IN INCREASING THE STUDENTS’ ABILITY IN WRITING NARRATIVE TEXT

  • JAMILA ARITONANG Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
  • Mahrani Mahrani Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
  • Tinur Rahmawati Harahap Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: strategi piramida cerita, menulis, teks naratif

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah strategi piramida cerita dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks naratif atau tidak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan, penulis menerapkan studi pustaka dan lapangan. Penelitian kepustakaan diterapkan berdasarkan kebutuhan buku sebagai sumber teori dan informasi, dan penelitian lapangan diterapkan berdasarkan kebutuhan data dari lapangan, dalam hal ini dari SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Dan sebagai instrumen untuk mengumpulkan data penulis menggunakan tes tertulis. Menurut hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas pada siswa kelas delapan SMP Negeri 9 Padangsidimpuan tahun akademik 2017 - 2018, itu menunjukkan peningkatan yang besar di mana rata-rata skor siswa pada pre test adalah 58,48, sedangkan pada post test 1 adalah 71,96 dan pada post test 2 adalah 79,38. Hasil peningkatan skor siswa dari pretest ke posttest 1 adalah 23,05%, dan dari pretest ke posttest 2 adalah 35,73%. Persentase yang didapat dari hasil post-test 2 telah mencapai kriteria keberhasilan. Dengan demikian, dapat diasumsikan bahwa strategi piramida cerita dapat memberikan efek yang signifikan kepada siswa menulis teks naratif karena skor tulisan siswa setelah diajarkan dengan menggunakan piramida cerita lebih tinggi daripada sebelumnya. Selanjutnya, penelitian ini mendukung penelitian sebelumnya bahwa strategi piramida cerita adalah cara yang efektif untuk mengajar menulis. Selain itu, dapat meningkatkan proses pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk berlatih menulis. Ini membantu untuk mengatur pemikiran mereka dalam membuat karya tulis, membantu siswa untuk menulis berdasarkan garis besar yang disediakan dalam piramida cerita. Singkatnya, menggunakan strategi piramida cerita dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks naratif.

Author Biographies

JAMILA ARITONANG, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

Mahrani Mahrani, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Tinur Rahmawati Harahap, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Published
2019-04-01