IMPROVING THE STUDENTS’ SPEAKING SKILLS THROUGH BOARD GAMES TO THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMA NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN

  • AGNES SIMBOLON Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
  • Parlindungan Siregar Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
  • Erni Rawati Sibuea Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: permainan papan edukasi, kemampuan berbicara

Abstract

Penelitian ini dilakukan oleh penulis untuk mengetahui seberapa jauh peningkatan keterampilan berbicara siswa setelah mereka diajarkan dengan menggunakan permainan papan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Padangsidimpuan tahun akademik 2017 - 2018. Ini terdiri dari 214 siswa dan mereka dibagi menjadi 7 kelas. Peneliti mengambil cluster random sampling sebagai teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini. Ini berarti sampel diambil dua kelas dari populasi secara acak, yaitu X2 dan X3 yang terdiri dari 63 siswa. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan sebagai instrumen untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan, penulis menggunakan tes, yaitu tes lisan dan tertulis. Setelah mengumpulkan data yang diperlukan, langkah selanjutnya yang dilakukan oleh penulis adalah menghitung nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa dalam setiap siklus dengan menggunakan rumus Anas Sudijono. Kemudian penulis menghitung persentase siswa yang telah berhasil mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) kemudian mengidentifikasi peningkatan skor keterampilan berbicara siswa sebelum dan sesudah menggunakan permainan papan. Dari data yang telah dihitung pada pra siklus menunjukkan kemampuan berbicara siswa kepada siswa kelas X SMA Negeri 2 Padangsidimpuan tahun akademik 2017 - 2018 dikategorikan rendah (57,14), dengan persentase KKM yang lolos adalah 7,94%. Sedangkan hasil dari siklus 1 dan siklus 2, dapat dikatakan keterampilan berbicara siswa telah meningkat dari kategori rendah ke kategori mampu (72,30 dan 81,67), dengan persentase KKM yang lulus pada siklus 1 adalah 36,51% dan pada siklus 2 adalah 80,95%. Akhirnya, berdasarkan semua analisis data yang telah dilakukan oleh penulis telah menjawab hipotesis yang artinya hipotesis yang telah dibuat sebelumnya diterima. Dengan kata lain, penggunaan permainan papan bagus untuk diterapkan dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas sepuluh SMA Negeri 2 Padangsidimpuan pada tahun akademik 2017 - 2018. Melalui penerapan permainan papan edukasi, itu dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan kreativitas siswa. Peserta didik dapat bergiliran membuat kalimat masing-masing di sekitar kelompok, atau dapat saling memanggil.

Author Biographies

AGNES SIMBOLON, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

Parlindungan Siregar, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

Erni Rawati Sibuea, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

Published
2019-03-28