APPLYING TASK - BASED LEARNING IN IMPROVING THE STUDENTS’ MASTERY IN PRESENT CONTINUOUS TENSE
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah Pembelajaran Berbasis Tugas dapat meningkatkan penguasaan siswa dalam present continuous tense atau tidak. Dalam penelitian ini, penulis memutuskan untuk mengambil hanya 67 siswa sebagai sampel penelitian ini, di mana mereka dipilih secara acak. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan, penulis menggunakan tes tertulis dengan bentuk pilihan ganda. Setelah mendapatkan data, langkah selanjutnya yang dilakukan oleh penulis adalah menganalisanya dengan menggunakan analisis statistik. Melalui analisis data diketahui bahwa persentase kelas yang lulus KKM (75) pada post tes siklus 2 adalah 97,01%. Artinya dalam siklus 2 Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini, ada 65 siswa yang lulus KKM dan ada 2 siswa yang nilainya di bawah KKM. Persentase kelas dari post tes 2 menunjukkan peningkatan beberapa siswa dari persentase kelas dalam pre-tes (17,91%). Peningkatan siswa yang lulus KKM adalah 79,10% (97,01% - 17,91%). Namun, dari persentase ini, PTK telah berhasil. Jadi hipotesis penelitian ini yang menyatakan: "Ada peningkatan yang signifikan dari penguasaan siswa dalam present continuous tense setelah mereka diajarkan dengan menggunakan Pembelajaran Berbasis Tugas", diterima