UPAYA MENIKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL DIKELAS V SD NEGERI MBAIT KABUPATEN ASMAT TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Rendahnya Hasil Belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri Mbait ". Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar Matematika dengan penerapan keterampilan Metode Drill pada siswa kelas V SD Negeri Mbait Kabupaten Asmat. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Mbait Kabupaten Asmat. sabjek penelitin adalah siswa kelas V dengan jumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan test dan observasi. tes yang digunakan adalah uraian. Hasil belajar siswa pada siklus I saat diterapkan Metode Drill diperoleh rata – rata 65,0 dengan persentase ketuntasan 80 % setelah guru melakukan refleksi dan memperbaiki beberapa kekurangan sehingga hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan yaitu nilai rata – rata 95,0 dengan prestansi ketuntasan belaja siswa sebesar 100 % jumlah siswa mencapai standar ketuntasan belajar.Maka dari penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa penerapan metode dril pada mata pelajaran Matematika di kelas V SD Negeri Mbait Kabupaten Asmat. Tahun Pelajaran 2021 /2022 meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa penerapan Metode Drill dapat digunakan sabagai alternatif dalam pembelajaran Matematika.