PENERAPAN METODE FIELD TRIP DAPAT MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII-2 SMP NEGERI 7 PANGARIBUAN TAHUN AJARAN 2022/2023

  • Tinur Rahmawati Harahap Universitas Graha Nusantara
  • Fauziah Nasution Universitas Graha Nusantara
  • Eni Sumanti Nasution Universitas Graha Nusantara
  • Elissa Evawani Tambunan Universitas Graha Nusantara
Keywords: Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Metode Field Trup, Kualitas Proses, Puisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Kualitas proses pembelajaran menulis puisi siswa kelas VII-2 SMP Negeri 7 Pangaribuan tahun ajaran 2022/2023 melalui penerapan metode field trip. Metode Penelitian Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Pangaribuan.Secara khusus, penelitian dilakukan di kelas VII-2 SMP Negeri 7 Pangaribuan tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan adalah tes, angket dan dokumentasi. Teknik validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Penerapan metode field trip dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis puisi siswa kelas VII-2 SMP Negeri 7 Pangaribuani Tahun Ajaran 2022-2023. Ini ditunjukkan dari persentase keaktifan dan kesungguhan siswa dalam menulis puisi yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang aktif dan bersungguh-sungguh sebesar 65,38% meningkat menjadi 88,46% pada siklus II

Published
2023-06-12
Section
Articles