PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA ERA NEW NORMAL DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH 6 KOTANOPAN
Abstract
Adapun masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar biologi siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, pada penelitian ini diterapkan strategi pembelajaran Inkuiri. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk meningkatkan motivasi belajar biologi siswa melalui strategi pembelajaran Inkuiri pada era new normal di kelas XI Madrasah Aliyah Muhammadiyah 6 Kotanopan, 2) untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa melalui strategi pembelajaran Inkuiri pada pokok pembahasan sistem peredaran darah di kelas XI Madrasyah Aliyah Muhammadiyah 6 Kotanopan. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart sebanyak 2 siklus dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MAM 6 Kotanopan yang terdiri dari 14 siswa. Setiap siklus terdiri atas dua pertemuan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Data motivasi belajar diperoleh dari angket yang diisi oleh siswa setiap akhir siklus sedangkan hasil belajar diperoleh dari hasil tes yag sudah dilakukan oleh siswa. Hasil penelitian dapat dilihat dari angket motivasi belajar siswa pada siklus I dengan nilai persentase 64,28% pada siklus II menjadi 78,57% dengan peningkatan sebesar 14,29%. Hasil belajar biologi siswa juga meningkat, hal ini diperoleh dari persentase 71,43% siklus I, dan 85,71% pada siklus II meningkat sebesar 14,28%. Berdasarkan hasil penelitian ini,dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran biologi di kelas XI MAM 6 Kotanopan.