PENINGKATAN MENULIS LAPORAN FORTOFOLIO SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN EFEKTIF KELAS X SMA NEGERI 1 ANGKOLA BARAT TAHUN PELAJARAN 2023-2024

  • Robiyatul Adawiyah Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Strategi pembelajaran efektif, Laporan Portopolio Bahasa Indonesia.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran siswa dengan strategi  pembelajaran Afektif terhadap laporan portofolio siswa kelas X SMA Negeri 1 Angkola Barat Tahun Pelajaran 2023-2024. Metode Penelitian yang  peneliti  menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan melaui strategi pembelajaran efektif terhadap menulis laporan Portofolio siswa. Sebelum melakukan penelitian, peneliti terlebih dahulu melalukan pra tindakan hasil nilai rata-rata kelas siswa yang masih 70 dengan kreteria ketuntasan yang masih rendah 25 %. Setelah melakukan ppembelajaran melalui strategi pembelajaran efektif terdapat pada tindakan siklus I dengan rata-rata 73,  nilai tersebut sudah mengalami peningkatan 15 % jika dilihat dari sebelum tindakan atau Pra tindakan. Selanjutnya untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal maka dilakukan tindakan siklus II dengan hasil  mencapai rata-rata nilai 85 yang dapat diartikan bahwa terjadi peningkatan yaitu 35 % dari Pra tindakan. Dari Hasil Penelitian yang telah dilakukan peneliti dapat disimpulkan, Pembelajaran yang telah dilaksanakan siswa dengan strategi pembelajaran efektif memberikan pengaruh terhadap menulis laporaran portofolio siswa kelas X SMA Negeri 1 Angkola Barat.

Author Biography

Robiyatul Adawiyah, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Published
2023-06-26
Section
Articles