PENINGKATAN MENULIS LAPORAN FORTOFOLIO SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN EFEKTIF KELAS X SMA NEGERI 1 ANGKOLA BARAT TAHUN PELAJARAN 2023-2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran siswa dengan strategi pembelajaran Afektif terhadap laporan portofolio siswa kelas X SMA Negeri 1 Angkola Barat Tahun Pelajaran 2023-2024. Metode Penelitian yang peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan melaui strategi pembelajaran efektif terhadap menulis laporan Portofolio siswa. Sebelum melakukan penelitian, peneliti terlebih dahulu melalukan pra tindakan hasil nilai rata-rata kelas siswa yang masih 70 dengan kreteria ketuntasan yang masih rendah 25 %. Setelah melakukan ppembelajaran melalui strategi pembelajaran efektif terdapat pada tindakan siklus I dengan rata-rata 73, nilai tersebut sudah mengalami peningkatan 15 % jika dilihat dari sebelum tindakan atau Pra tindakan. Selanjutnya untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal maka dilakukan tindakan siklus II dengan hasil mencapai rata-rata nilai 85 yang dapat diartikan bahwa terjadi peningkatan yaitu 35 % dari Pra tindakan. Dari Hasil Penelitian yang telah dilakukan peneliti dapat disimpulkan, Pembelajaran yang telah dilaksanakan siswa dengan strategi pembelajaran efektif memberikan pengaruh terhadap menulis laporaran portofolio siswa kelas X SMA Negeri 1 Angkola Barat.