ANALISIS PENGARUH KEMASAN DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OLEH KONSUMEN PADA CV. OMCO JAYA PADANGSIDIMPUAN

  • Ade Maya Mei Shanty Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: Kemasan, Iklan dan Keputusan Pembelian Konsumen

Abstract

Kemasan adalah cara terbaik untuk menyampaikan kepada konsumen alasan yang paling menarik dan tidak terbantahkan agar membeli produk anda. Iklan adalah bentuk komunikasi non personal mengenai suatu organisasi, produk, servis atau ide yang dibayar oleh satu sponsor yang diketahui. Keputusan Pembelian Konsumen merupakan tindakan individu yang secara langsung atau tidak langsung terlibat dalam usaha memperoleh dan menggunakan suatu produk/jasa yang dibutuhkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kemasan terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen pada CV. Omco Jaya Padangsidimpuan yang dibuktikan dengan perolehan nilai diperoleh nilai thitung sebesar 3.272 dan ttabel sebesar 0,67753. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Iklan terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen pada CV. Omco Jaya Padangsidimpuan yang dibuktikan dengan perolehan nilai kemasan diperoleh nilai thitung sebesar 3.165 ttabel sebesar 0,67753. Secara bersama-sama kemasan dan iklan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen CV. Omco Jaya Padangsidimpuan, hal ini dibuktikan dari hasil signifikansi uji stimulan yang memperoleh nilai sebesar 0,001 yang lebih kecil dari nilai α (0,001 < 0,05). Besarnya pengaruh variabel kemasan dan iklan terhadap keputusan pembelian konsumen CV. Omco Jaya Padangsidimpuan adalah 0.590 atau 59% dan sisanya 41% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model estimasi penelitian ini.

Published
2021-04-30