PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POINT COUNTER POINT MELALUI PENDEKATAN SCL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMA NEGERI 5 PADANGSIDIMPUAN

  • Dewi Sartika Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
  • Helmi Suryana Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
  • Aryani Hasugian Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: Model Pembelajaran, Point Counter Point, Hasil Belajar PPKn

Abstract

Menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan menjadi tugas penting bagi bangsa ini. Guru sebagai orang yang digugu dan ditiru, selain itu tentu harus memiliki konsep filosofis menjadi seorang yang bisa menjalankan teknis manajemen secara luas. Salah satu teknis yang perlu diperhatikan dalam mencapai target pembelajaran adalah pemilihan model yang tepat, mampu menyesuaikan metode. Untuk membangun interaksi yang super aktif tentu guru harus dapat memilih, menerapkan dan membangun model pembelajaran yang kreatif, efektif, efisien, respek, empati dan menyenangkan. Kurang tepatnya seorang guru dalam memilih model pembelajaran tentu akan berakibat tidak tercapainya sasaran dan target pembelajaran yang telah diprogram. Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran point counter point melalui  pendekatan SCL terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Metode eksperiment adalah metode penelitian yang dibangun dalam penelitian ini dengan menggunakan  pre test dan post test yang diberikan kepada kelas eksperimentt dan kelas kontrol. Hasil kajian analisis  menunjukkan bahwa hasil belajar PPKn siswa dengan mempergunakan model pembelajaran point counter point melalui  pendekatan SCL  dikategorikan sangat baik, karena dengan model pembelajaran ini siswa deprogram, dibentuk dan diprioritaskan supaya mampu dan bisa membangun komitmen keberanian menyampaikan gagasan, ide, pemikiran yang secara langsung maupun tidak langsung sudah ia lihat dikehidupan sehari-hari yang ada disekeliling lingkungannya. Bahkan hal-hal tertentu sudah menyentuh sisi kehidupan sehari-harinya.

Author Biographies

Dewi Sartika, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  Universitas Graha Nusantara

Helmi Suryana, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  Universitas Graha Nusantara

Aryani Hasugian, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  Universitas Graha Nusantara

Published
2023-03-08
Section
Articles