PENINGKATAKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MELALUI IMPLEMENTASI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DISERTAI PETA KONSEP IPA DI SMP NEGERI 9 PADANGSIDIMPUAN

  • Kasmawati Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: Implementasi, problem solving, peta konsep, ativitas belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai implementasi disertai konsep dalam peningkatan hasil IPA Siswa di SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Penelitian ini tergolong kepada kualitatif riset dengan metode penelitian yang dipakai adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), Penelitian ini difokuskan pada tindakan-tindakan sebagai usaha untuk meningkatkan keatifan siswa dalam pembelajaran, terutama pada pembelajaran bilogi; Penelitian ini mengambil populasinya dengan total populasi yaitu dengan 37 orang siswa terdiri dari prempuan 18 dan laki-laki 17 siswa di kelas XI A1IPA ; teknik pengumpulan data yang dipakai adalah dengan observasi sedang teknik analisa data dilakukan dengan dua kelompok data yang akan dianalisis yaitu: data hasil observasi proses pembelajaran yang berupa data aktivitas siswa dan yang kedua data hasil belajar siswa dari hasil tes setiap akhir pertemuan dan setiap akhir siklus (1 dan 2). Sebagai kesimpulan dari hasil penelitian ini, adalah: 1). Penerapan pendekatan pembelajaran problem solving yang disertai peta konsep dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa SMP Negeri 9 Padangsidimpuanpada materi pokok sistim pernafasan pada manusia dan hewan; 2). Penerapan pendekatan pembelajaran problem solving yang disertai peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 9 Padangsidimpuanpada materi pokok sistim pernafasan pada manusia dan hewan.

Author Biography

Kasmawati, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Dosen Pendidikan Fisika Universitas Graha Nusantara

Published
2023-01-02
Section
Articles