STRATEGI PEMASARAN TOKO PAKAIAN MUSLIM PASAR TRADISIONAL MENGHADAPI TOKO PAKAIAN MUSLIM PASAR MODERN PADA TOKO INDAH KH. RAMBE PASAR RAYA SANGKUMPAL BONANG PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Pemasaran pada dasarnya berfokus pada konsumen atau berorientasi pada konsumen daripada pesaing. Persaingan antara toko di pasar tradisional dan toko modern tidak dapat dihindari. Kehadiran toko baju muslim yang semakin modern memberikan dampak negatif bagi toko baju muslim di pasar tradisional. Pedagang pasar tradisional rata-rata memiliki tingkat pendidikan yang rendah sehingga ketika pedagang pasar ditanya tentang strategi apa yang digunakan mereka hanya dapat menjawab tidak ada strategi khusus, namun selalu mengutamakan pelayanan dengan sikap ramah terhadap konsumen, memberikan kepercayaan penuh dan faktor harga yang baik. dapat menarik konsumen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah Toko Indah Kh. Rambe di pasar tradisional yang mengutamakan busana muslim. Kemudian informan dalam penelitian ini adalah pemilik toko, pengelola toko, karyawan, dan pembeli di Toko Indah Kh. Rambe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan di Toko Indah Kh. Rambe sangat baik dan berani bersaing dengan toko modern, kualitas produk sesuai dengan yang diinginkan konsumen dan harga sesuai dengan daya beli masyarakat sekitar. Selain itu kualitas dan kelengkapan barang serta menjadi salah satu daya tarik masyarakat sekitar untuk berkunjung dan berbelanja di Toko Indah Kh. Rambe.