PENGARUH SISTEM DIGITAL MARKETING TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN KOPERASI AGRO RIMBA NUSANTARA (AGRINA) DESA PARSALAKAN KECAMATAN ANGKOLA BARAT KABUPATEN TAPANULI SELATAN

  • Anni Holila Siregar Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
  • Agustalinda Nora Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
  • Nurdelila Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: Sistem Digital Marketing System, Volume Penjualan, Koperasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Digital Marketing System terhadap peningkatan volume penjualan Koperasi Agro Rimba Nusantara (AGRINA) Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif, penelitian kuantitatif adalah penelitian yang melibatkan pengukuran tingkat karakteristik tertentu. Penelitian kuantitatif mencakup semua jenis penelitian yang didasarkan pada perhitungan, persentase, rata-rata, dan perhitungan lainnya. Dengan kata lain, penelitian ini menggunakan perhitungan angka atau besaran. Dari hasil analisis penelitian diperoleh nilai t hitung 4,874 sedangkan t tabel 1,701 adalah . Maka nilai t hitung > t tabel yaitu 4,874 > 1,701. Jadi, Digital Marketing System berpengaruh signifikan dan positif terhadap Peningkatan Volume Penjualan Koperasi Agro Rimba Nusantara (AGRINA) di Desa Parsalakan Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Dari hasil pengolahan data secara komputerisasi dengan menggunakan program SPSS versi 23.00 diperoleh koefisien determinasi (r2) = 0,459. Hal ini menunjukkan bahwa Sistem Digital Marketing mampu meningkatkan Penjualan Volume Kenaikan sebesar 45,9% sedangkan sisanya (100%-45,9% = 54,1%) dijelaskan atau dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti atau dibahas dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan volume penjualan Koperasi Agro Rimba Nusantara (AGRINA) di Desa Parsalakan Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Artinya hipotesis yang diajukan “diduga ada pengaruh positif dan signifikan Sistem Pemasaran Digital terhadap Peningkatan Volume Penjualan Koperasi Agro Rimba Nusantara (Agrina) Desa Parsalakan Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan”, dapat diverifikasi pada hasil yang diperoleh dalam penelitian ini.

Published
2021-06-14
Section
Articles