ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA DI KALANGAN TENAGA PENDIDIK SMP NEGERI 1 HUTARAJA TINGGI
(Berdasarkan Prinsip Kesantuan Berbahasa Leech)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan etika kesantunan berbahasa di kalangan tenaga pendidik (guru) di SMPN 1 Hutaraja Tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek peneliti adalah tenaga pendidik sedangkan objek pada penelitian ini adalah kesantunan berbahasa. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti menggunakan teknik simak, catat. Data diambil selama bulan Juli 2022. Analisis data dilakukan dengan tahapan: 1) Mengidentifikasi data yang telah dikumpulkan, 2) Mengidentifikasi data hasil temuan berdasarkan prinsip kesantunan berbahasa milik Leech, 3). Menginterpertasi teknik data, dan mendeskripsikan data. Hasil penelitian ini adalah analisis data pembahasan yang telah dilakukan. Peneliti menemukan prinsip kesantunan berbahasa pada tuturan guru yakni: yaitu 5 tuturan maksim kebijaksanaan, 3 tuturan pelanggaran maksim kebijaksanaan, 3 tuturan maksim kedermawaan, 1 maksim pujian, 1 maksim penghargaan, 1 pelanggaran maksim penghargaan, 17 tuturan maksim pemufakatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesantunan berbahasa pendidik di SMPN 1 Hutaraja Tinggi sudah menggunakan bahasa yang santun dalam proses belajar-mengajar.