PENGARUH GAYA HIDUP DAN LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK WARDAH PADA MAHASISWI PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UGN PADANGSIDIMPUAN

  • Adelina Julianti Hasibuan Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
  • Sulhana Lely Lubis Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
  • Silviana Batubara Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: Gaya Hidup, Labelisasi Halal, Keputusan, Pembelian, dan Produk Kosmetik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh gaya hidup dan label halal terhadap keputusan pembelian produk kosmetik wardah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kuisioner atau angket. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis. Gaya hidup merupakan bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang dapat berubah sesuai dengan perkembangan zaman atau keinginan seseorang untuk merubah gaya hidupnya. Label halal adalah pencantuman tulisan atau pernyataan halal pada kemasan atau produk untuk menunjukkan bahwa produk yang dimaksud adalah produk halal. Keputusan pembelian merupakan suatu proses yang dilakukan oleh konsumen untuk melakukan pembelian terhadap suatu produk diantara berbagai alternatif pilihan yang ada. Berdasarkan angket yang dibagikan kepada mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan diketahui variabel X1 yaitu gaya hidup dengan thitung 2,253 > ttabel sebesar 2,07961 dan nilai signifikansi 0,304 < 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa gaya hidup berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik. wardah Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan. Dan untuk variabel X2 yaitu label halal dengan nilai 2,435 > ttabel 2,07961 dan nilai signifikansi 0,166 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa faktor eksternal juga mempengaruhi keputusan pembelian produk kosmetik wardah. Program Studi Manajemen Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan. Pada uji determinasi diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,470 yang mengandung bahwa 47% variabel gaya hidup (X1) dan pelabelan halal (X2) secara simultan dapat menjelaskan variabel keputusan pembelian (Y) sedangkan selisih sebesar 53% adalah dipengaruhi oleh variabel lain. tidak diteliti.

Author Biography

Adelina Julianti Hasibuan, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

 Fakultas Ekonomi Universitas Graha Nusantara

Published
2021-10-18