PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA KELAS VIII SMPN 3 SATU ATAP SAYUNG PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk
meningkatkan keterampilan metakognitif siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Satu Atap Sayung pada
konsep sistem pencernaan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Satu Atap Sayung. Metode
penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan
dalam kelas meliputi kegiatan pelaksanaan tindakan kelas (PTK) berupa kegiatan refleksi awal dan
melakukan observasi untuk mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di kelas, perencanaan
pembelajaran, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
VIII-A SMP Negeri 3 Satu Atap Sayung yang berjumlah 32 orang. Adapun temuan penelitian PTK
ini adalah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas VII A SMP Negeri 3 Satu Atap
Sayung adalah dapat mening