INTERNALISASI KOMUNIKASI PEMASARAN DI SWALAYAN SURYA INDAH WATAMPONE ANALISIS BERBASIS ETIKA BISNIS ISLAM

  • Asrudi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Univeritas Musamus
  • Cici Girik Allo Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Univeritas Musamus
  • Ismail Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Univeritas Musamus
Keywords: Etika Bisnis, Komunikasi, Pemasaran.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pemahaman karyawan tentang etika bisnis Islam dalam hal komunikasi pemasaran dan implementasi internalisasi etika bisnis Islam dalam komunikasi pemasaran pada Surya Indah Swalayan. Data dalam penelitian ini berupa data primer yang diperoleh langsung dari pimpinan, karyawan, dan konsumen Surya Indah Swalayan yang secara keseluruhan berjumlah enam orang dan data sekunder sebagai penunjang data primer. Sumber data dalam penelitian ini adalah dari pimpinan, karyawan, dan konsumen Surya Indah Swalayan di Kab. Bone. Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan cara merumuskan dan menafsirkan data yang diperoleh, menyusun dan mengklasifikasikan, serta menganalisis dan menginterpretasikannya sehingga memberikan gambaran yang jelas mengenai objek yang diteliti. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa pemahaman etika bisnis karyawan di Surya Indah Swalayan menunjukkan adanya upaya penanaman pemahaman akan sikap kejujuran, transparansi, komitmen, kerja sama, disiplin, peduli, dan bertanggung jawab. Implementasi etika bisnis Islam dalam komunikasi pemasaran direpresentasikan melalui sikap dalam bentuk pelayanan kepada konsumen dengan menerapkan sikap kejujuran, tanggung jawab, dan kecerdasan.

Published
2023-01-11
Section
Articles