MEMBANGUN KARAKTER PEDULI SOSIAL, GEMAR MEMBACA, SEMANGAT KEBANGSAAN, DISIPLIN (PGSD) DALAM LINGKUNGAN KELUARGA

  • Sri Hanipah Universitas Musamus
  • Rival Hanip Universitas Musamus
  • Syahfitriani Br Ginting Universitas Musamus
  • Herrio Tekdi Nainggolan4 Universitas Musamus
Keywords: Peduli Sosial, Gemar Membaca, Semangat Kebangsaan, Disiplin

Abstract

Pada semua jenjang pendidikan, pendidikan karakter merupakan komponen penting yang harus dilaksanakan baik secara formal maupun informal sebagai proses yang berkesinambungan melalui pemahaman, penyadaran, dan pembiasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana orang tua membentuk karakter anak melalui penanaman nilai-nilai pada diri mereka. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi yang terstruktur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap data dan informasi sebanyak-banyaknya tentang peran orang tua dalam penanaman nilai-nilai karakter pada anak di Kelurahan Mandala, Merauke. Subjek penelitian berjulah 21 orang tua. Berdasarkan temuan, jelas bahwa tanggung jawab utama orang tua dalam menumbuhkan nilai-nilai karakter pada anak adalah mendidik mereka melalui contoh perilaku yang dilakukan dengan bersikap tegas melalui pembiasaan, penanaman karakter perilaku peduli sosial melalui saling tolong-menolong, karakter gemar membaca, melalui pemberian bacaan dan membiasakan membaca buku minimal 10 menit per hari bagi anak, karakter semangat kebangsaan bisa dibentuk dengan saling membantu, menghormati perbedaan agama di masyarakat, serta pembentukan karakter disiplin anak dapat dibentuk melalui kultur keluarga seperti membuat aturan rumah bangun pagi dan membuang sampah pada tempatnya.

Published
2022-08-30
Section
Articles