PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH TERMODINAMIKA

  • Rini Anggraini Pakpahan Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: pembelajaran daring, termodinamika, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar mahasiswa pad mta uliah Termodinamika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen yang didesain dalam model one group pretest posttest design dengan melakukan eksperimen hanya pada satu kelas saja tanpa kelas pembanding. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Fisika yang berjumlah 17 orang. Hasil pretest menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebesar 61,47 sedangkan hasil posttest menunjukkan nilai rata-rata 78,23. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan diperoleh thitung sebesar 7,061 sedangkan ttabel pada taraf kepercayaan 95% dengan tingkat kesalahan 5%  adalah 1,746 maka thitung lebih besar dari ttabel (7,061 > 1,746). Hal ini menunjukkan bahwa  hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima atau disetujui, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran daring terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Termodinamika.

Published
2021-07-28
Section
Articles