PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap hasil belajar IPA siswa SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen yang didesain dalam model one group pretest posttest design dengan melakukan eksperimen hanya pada satu kelas saja tanpa kelas pembanding. Sampel penelitian ini adalah siswa SMP kelas IX yang berjumlah 15 orang. Instrumen dalam penelitian ini berjenis tes dalam bentuk pilihan ganda. Hasil pretest menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebesar 62,33 sedangkan hasil posttest menunjukkan nilai rata-rata 71. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan diperoleh thitung sebesar 9,527 sedangkan ttabel pada taraf kepercayaan 95% dengan tingkat kesalahan 5% dengan derajat kebebasan (dk) = N – 1= 15 – 1 = 14 adalah 1,76 maka thitung lebih besar dari ttabel (9,527 > 1,76). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima atau disetujui, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap hasil belajar IPA siswa SMP.